benihbaik_2021-04-061617693573606c0b8594f93.jpg

Tolong Warga Amfoang Timur-Kupang, yang Terisolir karena Badai Seroja NTT

Rp. 4.817.424 dari Rp. 25.000.000

Berakhir


Penggalang Dana

Satutenda ceklis.svg

Identitas Terverifikasi


Penerima Donasi

anon
Korban Banjir Amfoang Timur Kupang

Identitas terverifikasi user



Pohon-pohon berjatuhan. Ranting-ranting terlempar ke jalan-jalan hingga halaman rumah. Ada juga yang jatuh menimpa rumah warga. Sebagian rumah lagi roboh oleh terpaan angin. Di luar hujan-angin terus menerpa.



Di sisi yang lain, angin kencang telah membangkitkan amuk laut utara. Gelombang tinggi bertubi-tubi menerpa tepian pantai. Gemuruh dan deru terus terdengar sepanjang malam. Seantero kampung gelap gulita. Hanya lampu-lampu kecil jadi penanda denyut kehidupan warga, kala malam datang memeluk. Badai seroja telah memporak-porandakan sebagian besar pemukiman penduduk di Amfoang Timur, seperti juga sebagian besar wilayah Provinsi NTT. 


Itulah cerita warga di Amfoang Timur, ujung Kabupaten Kupang, perbatasan Republik Indonesia – Timor Leste. Kecamatan ini jadi salah satu wilayah terdampak bencana seroja NTT. 



Bala bantuan belum juga mencapai Amfoang Timur. Itu karena akses terputus. Selama ini, jalan menuju Kecamatan Amfoang Timur hanya ada dua. Di barat melalui pesisir pantai utara Kabupaten Kupang. Rute ini praktis tak bisa dilalui karena sebagian jalan belum beraspal dan banyak melintasi muara, titik jumpa air kali dan air laut. Sementara di Timur melalui Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Rute ini terputus sebab beberapa jalan dan jembatan putus oleh longsor.



Belum lagi, banjir kali ini diperkirakan bakal menyebabkan gagal panen. Bulan Februari-Maret, warga Amfoang Timur yang mayoritas petani sawah, baru selesai menanam. Tapi, kini sawah-sawah itu tertutup banjir. Area sawah yang terletak persis di pinggir pantai, sudah pasti gagal panen karena terendam air laut.



Hingga sekarang, bantuan masih ala kadarnya dan tentu saja sangat terbatas. Hanya sesama warga yang saling menolong, sejauh yang mereka bisa. Juga ditopang oleh pasukan TNI yang bertugas di perbatasan RI-Timor Leste, Polisi Sektor Amfoang Timur, dan sejumlah pihak lain. Warga Amfoang Timur membutuhkan bantuan sembako, obat-obatan, pakaian layak pakai, tenda-tenda darurat untuk posko pengungsian dan lain-lain.


Karena itu, Komunitas Satutenda menggandeng Gereja Katolik Stasi St. Petrus Tataum dan Katolikpedia.id mengajak #TemanBaik untuk menolong sesama kita di Amfoang Timur. Wujudkan uluran tangan kita lewat donasi agar mereka bisa selamat dari ancaman badai ini dan bisa bangkit lagi.



Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan:

1. Klik “Donasi Sekarang”

2. Isi nominal donasi

3. Pilih berdonasi dengan apa. Lebih praktis dengan OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Sakuku, BRI E-Pay dan BCA Klik-Pay. Bisa juga lewat transfer antarbank (BRI, Mandiri, BCA, BNI).


TemanBaik juga bisa #tanamkebaikan dengan cara SHARE link campaign ini di Facebook, Twitter atau Instagram kamu. FORWARD juga ke sahabat dan kerabat kamu di Whatsapp, Telegram, dll.

Bantu Campaign Lainnya