benihbaik_2021-05-24162185179360ab7e91e872b.jpg

Dukung Program Posyandu Jalanan untuk Masyarakat Kurang Mampu

Rp. 2.827.140 dari Rp. 100.000.000

Berakhir


Penggalang Dana

2022-11-09_1667981611_636b612b8a32b.jpg
Perkumpulan Harapan ceklis.svg

Identitas Terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Harapan Fian

Identitas Terverifikasi user

anon
Lokasi

Kab. Sleman

Pritania Astari adalah seorang dokter lulusan sebuah universitas di Yogyakarta yang peduli kesehatan kelompok minoritas, termasuk masyarakat di situasi jalanan. 

Pritania atau yang biasa dipanggil Tania, tertarik untuk turut bergabung dalam inisiasi pembuatan posyandu jalanan bersama Perkumpulan Harapan Fian karena merasa terdapat kesenjangan baik terkait pendataan ataupun akses kesehatan pada kelompok masyarakat di situasi jalanan.


Padahal, masalah-masalah kesehatan yang ada, bisa dibilang cukup berat dan kompleks seperti kehamilan tidak direncanakan pada usia remaja, kurang gizi ibu dan anak, serta masalah akses imunisasi anak. Tania merasa bahwa posyandu yang dijalankan setiap bulan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut.

Tania telah bergabung melaksanakan posyandu jalanan dengan Perkumpulan Harapan Fian sejak awal posyandu didirikan, yaitu bulan Mei 2020. Selain menjadi relawan tenaga medis yang melakukan konsultasi saat pelaksanaan posyandu, Tania juga memberikan pelatihan-pelatihan kepada relawan baru, dan bersama teman-teman dari Harapan Fian ikut melakukan audiensi ke Dinas Kesehatan untuk membangun sistem rujukan dengan puskesmas.


Namun, upaya membangun sistem rujukan ini masih terkendala banyak hal, salah satunya adalah terkait masalah identitas dan stigma yang melekat pada kelompok masyarakat di situasi jalanan.

Tania dan teman-teman Perkumpulan Harapan Fian berharap untuk ke depannya akan terjalin kerjasama baik dengan organisasi lain untuk memperluas cakupan posyandu jalanan maupun dengan pemerintah daerah setempat agar akses kesehatan kelompok masyarakat di situasi jalanan dapat terus terpenuhi secara berkesinambungan.


TemanBaik, niat mulia yang sedang dijalankan oleh Kak Tian dan rekan-rekannya di Harapan Fian butuh bantuanmu agar bisa terwujud. Yuk, kita sama-sama kita bantu dengan cara:

  1. Klik “Donasi Sekarang” 

  2. Isi Nominalnya

  3. Pilih Metodenya. Donasi bisa lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, BRI E-Pay Sakuku, Go-Pay dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu Kredit

Selain donasi, kamu juga bisa share atau bagikan link galang dana ini supaya banyak yang ikut membantu.

Bantu Campaign Lainnya