benihbaik_2020-07-0815941876165f055f602ddaa.jpg

Bareng Mak Jah Cegah Abrasi Pantura

Rp. 12.314.311 dari Rp. 100.000.000

65 hari lagi


Penggalang Dana

2020-06-1015917731675ee087efa7aa8.jpg
Yayasan Lindungi Hutan ceklis.svg

Identitas Terverifikasi


“Samben dino kula nyambut damel dados nelayan, sami uga bojoku. Sak sanese kula mbibit bongko kangge ditandur kiyambak, kula yakin tanah sing sampun ilang niki saged mbalik malih.” (Sehari-hari saya bekerja sebagai nelayan, begitu pula dengan suami saya. Selain itu, saya melakukan pembibitan pohon mangrove, untuk ditanam sendiri karena saya masih percaya jika tanah yang dulu hilang masih bisa kembali).


Hai TemanBaik, demikian sepenggal cerita dari TemanKita Mak Jah yang tetap bertahan di Dusun Senik, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak setelah abrasi mengikis lahan di sana. Pesisir utara Kota Wali ini merupakan salah satu daerah yang terkena imbas parah abrasi akibat gelombang dan pasang air laut.



TemanKita ini bersama Yayasan Lindungi Hutan mengajak TemanBaik semua untuk ambil bagian dalam pencegahan abrasi di Pantura. Sejak tahun 2000-an, Mak Jah dan keluarga menanam bakau untuk  mengurangi pengaruh abrasi di daerah tempat tinggalnya. Hal ini dilakukan karena dia tak ingin warga lain mengalami nasib serupa dengannya,  terdampak abrasi.



“Kula manggon ten mriki sampun dangu kalih warga mriki. Sak sampune deso mriki keno abrasi, katah sih pindah, sak niki namung keluarga kula mawon sing tasih tinggal ten mriki.” (Dulu saya tinggal di sini bersama penduduk lainnya. Setelah abrasi, kini saya dan keluarga kecil saya sendiri di tengah laut).



Mak Jah percaya jika abrasi dapat dicegah, rumahnya akan kembali bertetangga manusia, bukan lagi camar atau hewan laut. Dengan menanam pohon mangrove untuk mencegah abrasi, Mak Jah tidak perlu lagi meninggikan rumahnya berkali-kali atau pun tidur dengan genangan air setinggi lutut orang dewasa saat air laut pasang. Mak Jah juga ingin masyarakat di sekitar pesisir Bedono tak lagi merasakan rob yang benar-benar mematikan kondisi sosial-ekonomi mereka.



Selama ini Mak Jah dan keluarga menanam mangrove secara mandiri dan mendapat dukungan dari masyarakat yang membeli bibit pohon darinya. Melalui penggalangan dana di BenihBaik.com, TemanKita Mak Jah dan Yayasan Lindungi Hutan berharap pencegahan abrasi bisa dilakukan bersama-sama dengan dukungan Teman Baik. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk melakukan penanaman mangrove dan perawatannya.


Ayo TemanrBaik, kita bersama dukung Mak Jah untuk meneruskan langkah baik untuk pencegahan abrasi Pantura. Tanam kebaikan selagi ada kesempatan.

Bantu Campaign Lainnya